Pilih opsi “Daftar” pada pop up notifikasi dan melakukan proses pendaftaran dengan e-mail yang anda miliki (pastikan email -anda aktif dan dapat digunakan secara reguler untuk pengecekan notifikasi berkala).
Melakukan pendaftaran terlebih dahulu, dan melaporkan pengaduan kemudian. Proses ini dapat dilakukan dengan”
Klik “Daftar” yang terletak di kanan atas layer tautan lapor.kasn.go.id;
Melakukan proses pendaftaran dengan e-mail yang anda miliki (pastikan alamat e-mail anda aktif dan dapat digunakan secara reguler untuk pengecekan notifikasi berkala);
Melakukan proses pengaduan sesuai dengan yang telah dijelaskan pada poin 1.
Apakah setiap notifikasi terkait penanganan pengaduan oleh KASN akan masuk ke e-mail Pelapor?
Jawab: Betul, sehingga anda harus memastikan bahwa e-mail anda aktif.
Bagaimana cara menentukan jenis - jenis pelanggaran Sistem Merit / Netralitas / Kode Etik dan Kode Perilaku ASN?
Jawab: Anda dapat menemukannya di https://kasn.go.id/faq , untuk memastikan jenis pelanggaran yang sesuai dengan apa yang akan anda laporkan.
Apakah saya perlu melampirkan Identitas saya sebagai Pelapor?
Jawab: Betul. Sebagai Pelapor, anda diharapkan dapat melampirkan identitas anda agar kami dapat memastikan bahwa laporan yang anda sampaikan adalah laporan yang bertanggungjawab, untuk kerahasiaan data dan identitas akan dijamin oleh KASN.
Apakah saya perlu melampirkan bukti-bukti terkait dengan pengaduan saya?
Jawab: Perlu. Untuk memudahkan proses penanganan pengaduan dan sebagai dasar dalam memproses pengaduan, kami harapkan anda sebagai Pelapor dapat melengkapi dan melampirkan bukti - bukti adanya dugaan pelanggaran Sistem Merit / Netralitas / Kode Etik dan Kode Perilaku ASN.
Bagaimana kalau Pelapor ingin berkomunikasi dengan pihak KASN terkait dengan Pengaduannya?
Jawab: Anda dapat memanfaatkan opsi “Respon” untuk bertanya dan berdiskusi terkait dengan pengaduan anda